in , ,

JOKOWI BILANG “SEGERA DI SALURKAN BANSOS PEKAN INI !”, Simak Ini Bansos Cair Mulai Pekan Ini

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menginstruksikan agar seluruh bantuan sosial atau bansos untuk menyokong kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3-20 Juli 2021, segera disalurkan pekan ini.

“Untuk program perlindungan sosial, ini tadi instruksi Bapak Presiden untuk dilakukan akselerasi pembayarannya minggu ini, terutama untuk PKH dimajukan triwulan ketiga ini bisa dibayarkan di bulan Juli. Sehingga bisa membantu masyarakat,” ujar Sri Mulyani menyampaikan arahan Jokowi usai Sidang Kabinet Paripurna via telekonferensi, Senin, 5 Juli 2021.

Total sasaran Program Keluarga Harapan (PKH) sebanyak 10 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Peserta PKH merupakan keluarga miskin dan rentan yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang sangat terdampak pandemi Covid-19.

Selain peserta PKH, bansos juga akan disalurkan kepada 18,8 juta KPM yang terdaftar di program Bantuan Sosial Sembako (BSS) dan 10 juta KPM Bantuan Sosial Tunai (BST) serta 5 juta KPM program BLT Dana Desa. “Untuk BST selama dua bulan akan dibayarkan pada bulan Juli ini,” ujar Sri.

BST senilai Rp300 ribu per bulan sebelumnya disalurkan setiap awal bulan, sedangkan untuk periode Mei-Juni akan diberikan sekaligus sebesar Rp600 ribu. Penyaluran BST akan dilakukan seperti sebelumnya yaitu melalui kantor pos, sedangkan untuk BPNT dan PKH akan disalurkan melalui jaringan Himpunan Bank-bank Negara (Himbara).

Setelah membaca penegasan presiden dan bu mentri perekonomian mari kita simak cara mendaftar PKH , BST dan BNPT.

1. Cara Daftar Bantuan Sosial Tunai Rp 300 Ribu

Selanjutnya, berikut cara daftar bantuan sosial tunai Rp 300 ribu yang wajib anda perhatikan baik-baik.

  1. Masyarakat dapat langsung melakukan konfirmasi ke aparat desa bahwa belum didata sebagai penerima bantuan oleh RT/RW.
  2. Jika calon penerima memenuhi syarat, tapi tidak memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Tanda Penduduk (KTP), tetap bisa mendapatkan bansos tanpa harus membuat KTP lebih dulu. 
  3. Penerima harus berdomisili di desa tersebut dan menulis alamat lengkapnya. 
  4. Apabila penerima sudah terdaftar dan datanya valid maka BST Kemensos Rp 300 ribu akan diberikan secara tunai melalui Kantor Pos. 

Syarat Penerima Bantuan Sosial Tunai Rp 300 Ribu 

Bantuan sosial tunai Rp 300 ribu ini diberikan kepada rakyat miskin sebagai upaya pemerintah untuk membantu masyarakat akibat covid-19. Masyarakat yang berhak mendapatkannya harus memenuhi syarat daftar bantuan sosial tunai Rp 300 ribu sebagai berikut. 

  • Calon penerima adalah masyarakat yang masuk dalam pendataan RT/RW dan berada di desa tempat tinggalnya
  • Calon penerima adalah mereka yang kehilangan pekerjaan di tengan pandemi Covid-19
  • Calon penerima tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lain dari pemerintah pusat seperti Program Keluarga Harapan (PKH), kartu sembako, paket sembako, Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), hingga kartu pra-kerja. 

Cara Cek Bantuan Sosial Tunai Rp 300 Ribu 

Setelah mendaftar, masyarakat bisa melakukan pengecekan secara online dengan cara sebagai berikut. 

  1. Buka laman cekbansos.kemensos.go.id
  2. Lengkapi data yang dibutuhkan dalam alur cara daftar bantuan sosial tunai Rp 300 ribu yang terdiri dari provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, dan desa. 
  3. Isi alamat lengkap sesuai KTP 
  4. Masukkan 4 kode berupa huruf dan angka sesuai kotak kode yang tertera.
  5. Apabila huruf kode kurang jelas, Anda dapat klik kotak kode tersebut untuk memperoleh kode baru. 
  6. Klik cari, akan muncul hasil pencarian data, berupa alamat penerima, periode bansos, dan identitas penerima. 
  7. Apabila telah menerima bansos, maka kolom keterangan akan muncul status sudah salur dengan seusai jenis program bansosnya.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa sistem bansos akan mencocokkan nama penduduk dan wilayah yang diinput dan membandingkan dengan database Kemensos.

Jika nama tercantum tapi belum memperoleh dana bansos tersebut, silahkan hubungi perangkat desa setempat. Biasanya, jika nama tercantum, akan datang undangan dari PT. Pos Indonesia ke yang bersangkutan.

2. Cara Daftar Bantuan PKH

1. Tidak ada pendaftaran secara online. Lakukan pendaftaran peserta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) ke aparat pemerintah daerah setempat seperti RT/RW atau ke Kantor Kelurahan/Desa.

2. Setelah mendaftar di RT/RW atau ke Kantor Kelurahan/Desa, nantinya akan mendapat surat pemberitahuan berisi teknis pendaftaran di tempat yang telah ditentukan.

3. Setelahnya, Anda membawa data pelengkap seperti KTP, NIK, Kartu Keluarga (KK), dan Kode Unik Keluarga dalam Data Terpadu yang diberikan pihak RT/RW atau Kelurahan/Desa.

4. Data yang telah dilengkapi, kemudian akan diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara (HIMBARA), kantor kelurahan, dan kantor Walikota/Kabupaten.

5. Setelah berhasil diverifikasi, nantinya akan dibuatkan rekening Himbara, dan akan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).

Anda yang telah mendaftar, bisa melakukan pengecekan penerima bansos PKH secara online di laman cekbansos.kemensos.go.id , atau melalui aplikasi SIKS-Dataku.

Syarat Daftar Bansos PKH

1. Warga miskin/rentan miskin.

2. Bukan anggota Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri.

3. Pastikan Anda masuk dalam kategori keluarga kurang mampu, keluarga miskin dan rentan miskin yang terdaftar dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

  • Tambahan Untuk Ibu hamil dan Anak
    yang memiliki keluarga dengan komponen kesehatan, yakni ibu hamil atau menyusui, anak berusia 0 sampai 6 tahun.

3. Cara Daftar BNPT

  1. Peserta tidak perlu melakukan input data mandiri. Data didaftarkan ke aparat pemerintah daerah setempat.
  2. Setelah didaftarkan, calon penerima bansos akan mendapat berkas pemberitahuan. Isinya adalah teknis pendaftaran peserta bantuan sosial di tempat-tempat yang sudah ditentukan.
  3. Bawa data dan berkas identitas diri (seperti KTP, NIK, KK, Kode Unik Keluarga dalam Data Terpadu) ke tempat yang dimaksud.
  4. Data akan diproses oleh Himpunan Bank Milik Negara, oleh kantor kelurahan, serta kantor walikota atau kabupaten.
  5. Akan dilakukan verifikasi. Setelah selesai, calon peserta resmi terdaftar dan akan dibuatkan rekening bank guna penyaluran bantuan yang didapatkan dan diberikan Kartu Keluarga Sejahtera.

Sumber : nasional.tempo.co | suara.com |

SIMAK JUGA

Personal Loan / Kredit Tanpa Anggunan BRI, Syarat , Ketentuan, Bunga dan Tabel Pinjaman

Syaratnya Cuma Pakai KTP, Dana 1.2 Juta Dijamin Langsung Cair Ke Rekening BRI dan BNI